Senin, 06 Mei 2013

Beberapa hari ini gue lagi doyan kembali menggunakan ubuntu gue. Tapi ketika lagi doyan doyannya gue, ubuntu gue mengalami masalah yang bisa diatasi dengan mudah di windows tapi enggak di ubuntu. Di windows itu kalo desktop hang akibat program atau task manager yang menumpuk bisa diakali dengan tekan CTRL+DELETE. Lalu di ubuntu? Di ubuntu juga ada task managernya, tapi yang gue heran kenapa desktop di ubuntu juga bisa hang/freeze gini. Akhirnya males lagi menggunakan ubuntu akibat penyakit yang satu ini. Karena penasaran, gue googling untuk mengatasi masalah yang satu ini. Akhirnya gue nemu disuatu sumber blog. Menurut blog tersebut, apabila ubuntu mengalami hang yang hang tersebut adalah GUI atau desktopnya(karena linux GUI dan systemnya terpisah). Lalu apa yang gue lakuin? saat belum mengetahui caranya restart yang baik, gue langsung menekan tombol power laptop(ya, kita semua tahu itu tidak baik). 
Namun ada cara yang baik jika kalian pernah mengalami hang/freeze desktop ubuntu. Berikut adalah caranya :

  • Tekan dan tahan tombol ctrl + alt + printscreen di keyboard kalian.
  • Kemudian tekan tombol R - E - I - S - U - B secara berurutan(ctrl + alt + printscreen masih tetap ditekan dan ditahan)
  • Dan rasakan hasilnya... :-)
Note : trik ini sejujurnya belum gue coba, tapi menurut sumbernya work kok.... :-)





Categories:

0 comments:

Posting Komentar

Followers

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!