Selasa, 30 April 2013

Internet Banking
Internet   banking   merupakan   sebuah   layanan perbankan dengan media komunikasi internet yang disediakan  oleh  bank  untuk  para  nasabahnya. Dengan   layanan   ini,   para   nasabahnya   dapat melakukan berbagai aktivitas perbankan tanpa perlu beranjak dari tempat duduk. Mulai dari pengecekkan saldo, transfer uang, hingga pembelian pulsa telepon pun sudah dapat dilakukan.

Kelebihan
Berbagai  kelebihan  yang  dapat  diperoleh  baik nasabah maupun bank dari layanan Internet Banking antara lain:
a.   Business expansion
Mempermudah perluasan daerah operasi bank. Dengan Internet banking, bank, layanan perbankan dapat diakses dimana saja dan kapan saja, tanpa perlu membka kantor cabang baru.
 b.  Customer loyalty
Nasabah akan merasa lebih nyaman untuk melakukan aktivitas perbankannya tanpa harus membuka akun di bank yang berbeda-beda I berbagai tempat.
c.   Revenue & cost improvement
Biaya untuk memberikan layanan ini dapa lebih murah dibandingkan dengan membuka kantor cabang baru.
d.  Competitive advantage
Dengan membuka layanan Internet Banking, Bank akan memiliki keuntungan lebih dibandingkan dengan kompetitor lain dalam melayani nasabahnya.
e.   New Business Model
Layanan ini memungkinkan adanya model bisnis yang baru.       

Keamanan Internet
Secara  umum,  hubungan  koneksi  internet  dengan pengguna  layanan  internet  Banking  dapat  dilihat pada gambar berikut:
Dapat dilihat pada gambar  1, pengguna terhubung dengan  jaringan  internet  melalui  layanan  Internet Service    Provider (ISP).    Biasanya,    koneksi menggunakan modem, DSL, kabel modem, wireless, maupun   dengan   leased   line.   Lalu   ISP   akan  menghubungakan  pengguna  ke  internet  melalui penyedia jaringan  (network provider). Hal ini juga berlaku pada layanan Internet Banking. Server akan 
terhubung  ke  internet  melalui  ISP  atau  penyedia jaringan lainnya.


Dari gambar, dapat ditunjukkan pula potensi celah keamanan  yang     yang  dapat  terjadi.  Dari  sisi pengguna, komputer miliknya dapat disisipkan virus atau Trojan sehingga data - data di dalamnya dapat diubah atau diambil. Dari sisi ISP, apabila sistem keamanannya   rentan, maka seorang cracker dapat menbobolnya dan dapat mengambil data pelanggan ISPnya. Dari sisi penyedia layanan Internet Banking 

pun  juga  terdapat  potensi  celah  keamanan.  Salah satu yang terjadi kasus di Amerika seorang cracker menjebol  institusi  keuangan  dan  mengambil  data nasabah  dari berbagai bank.  Begitu pula dari sisi jalur ISP dan pengguna, biasanya hal ini terjadi   di tempat  umum,  seperti  warnet.  Pengguna  warnet dapat  disadap  informasinya  dari  pemilik  warnet yang tidak bertanggung jawab.

Aspek Keamanan
Pada intinya, aspek keamanan komputer mempunyai beberapa lingkup yang penting, yaitu:

a.   Privacy & Confidentiality 
Hal yang paling penting dalam aspek ini adalah  usaha  untuk  menjaga  data  dan informasi  dari pihak    yang tidak diperbolehkan mengkasesnya. Privacy lebih  mengarah  kepada  data-data  yang sifatnya  privat. Sebagai  contoh,  email pengguna yang tidak boleh dibaca admin. Sedangkan   confidentiality   berhubungan dengan data yang diberikan kepada suatu pihak   untuk   hal   tertentu   dan   hanya diperbolehkan untuk hal itu saja. Contohnya, daftar pelanggan sebuah ISP.
b.  Integrity 
Aspek   ini   mengutamakan   data atau informasi tidak boleh diakses tanpa seizin pemiliknya. Sebagai contoh, sebuah email yang  dikirim  pengirim  seharusnya  tidak dapat dibaca orang lain sebelum sampai ke tujuannya.
c.   Authentication
Hal  ini  menekankan  mengenai  keaslian suatu data/informasi, termasuk juga pihak yang  memberi  data  atau  mengaksesnya tersebut merupakan pihak yang dimaksud. Contohnya  seperti  penggunaan  PIN  atau password.
d.  Availability 
Aspek    yang    berhubungan dengan ketersediaan informasi ketika dibutuhkan. Sebuah  sistem  inofrmasi  yang  diserang dapat menghambat ketersediaan informasi yang diberikan.
e.   Access Control
Aspek   ini   berhubungan dengan cara pengaksesan  informasi.  Hal  ini  biasanya berhubungan   dengan   klasifikasi   data (public, private confidential, top secret) & user (guest,  admin,  top  manager,  dsb.), mekanisme    authentication dan juga privacy.   Seringkali   dilakukan dengan menggunakan kombinasi user ID/password dengan  metode  lain  seperti  kartu atau biometrics.
f.   Non-Repudiation 
Hal  ini  menekankan  agar  sebuah  pihak tidak  dapat  menyangkal  telah  melakukan transaksi  atau  pengaksesan  data  tertentu.

Aspek  ini  sangat  penting  dalam  hal  e-commerce. Sebagai contoh, seseorang yang mengirim  email pemesanan  barang  tidak dapat  disangkal  telah  mengirim  email tersebut.

Internet Banking Mandiri
Prosedur Pengaksesan Layanan
Untuk dapatmenikmati  layanan  Internet  Banking  Mandiri, seorang nasabah harus mengikuti prosedur 
berikut:
a.   Melakukan  pendaftaran  awal  yang  dapat dilakukan di ATM atau di Kantor Cabang Mandiri.
b.  Nasabah  akan  mendapatkan  Token  PIN Mandiri, sebuah alat PIN generator dinamis yang   digunakan   untuk   aktivasi   setiap aktivitas perbankan menggunakan Internet Banking.
c.   Melakukan   aktivasi   Internet   Banking Mandiri. Dilakukan pada situs resmi Bank Mandiri.
d.  Nasabah  akan  mendapatkan  user  ID  dan PIN yang dibuat pada langkah c. Nasabah sudah   dapat   login   ke   layanan,   untuk melakukan aktivasi Token PIN Mandiri.

Pengujian Keamanan

Secara umum, hal yang paling sering diserang para penyusup untuk masuk ke dalam sebuah situs yang terproteksi   adalah   dengan   mendapatkan   akses masuknya,  atau  sisi  Autentikasi.  Karena  hanya 

dengan mengetahu user ID dan password kita dapat melakukan  apapun  yang  kita  inginkan.  Dalam 
pengujian  keamanan  layanan  ini,  penulis  akan mencoba  melakukannya  dengan  dua  cara,  yaitu
dengan  menggunakan  proses sniffing.

Passive Snifing
Snifing merupakan sebuah aksi penyadapan paket data  yang  dikirimkan  sebuah  computer ke server tertentu.  Terdapat  dua  jenis  aksi  sniffing,  yaitu passive  dan  active. Perbedaannya  hanyalah  jika active melakukan aksi perubahan paket data dalam  melakukan sniffing, sedangkan passive tidak. Kali  ini  penulis  akan  mencoba   melakukan passive sniffing dengan bantuan perangkat lunak Wireshark. Dengan  perangkat  lunak  ini,  melakukan sniffing dan mengambil paket data yang berasal dari korban yang mengakses Internet Banking Mandiri. Dalam  log  file  yang  direkam  Wireshark,  mendapatkan bahwa data yang terambil terenkripsi. Hal  ini  disebabkan  karena  penggunaan  SSL  dari Internet Banking Mandiri sehingga walaupun paket data  terambil,  data  yang  bisa  terbaca  hanya  data acak.







Senin, 29 April 2013

Free Annual Fee kartu kredit Mandiri Platinum
Free Annual Fee kartu kredit mandiri platinum diberikan selama Anda tercatat sebagai nasabah mandiri prioritas. Fasilitas ini juga diberikan kepada pemegang kartu tambahan dengan maksimal 3 (tiga) kartu. Proses pembuatan kartu akan mengikuti ketentuan yang berlaku.
Safe Deposit Box
Guna memberikan perlindungan pada aset berharga Anda, diperlukan tempat yang aman dan terpercaya. Untuk itu, kami persembahkan fasilitas Safe Deposit Box bebas biaya, untuk Anda yang utama. Dengan sistem keamanan ganda yang terbuat dari besi baja tahan api, Safe Deposit Box kami melindungi seluruh dokumen penting serta benda berharga Anda.
Majalah lifestyle
Nasabah dapat menikmati 2 (dua) pilihan majalah lifestyle yang diberikan secara gratis          setiap bulan.
Majalah Prioritas
Nasabah juga diberikan majalah berkala mandiri prioritas yang berisi tentang peluang   investasi, referensi seni, profil, produk, dll.
Souvenir (welcoming pack)
Berupa welcoming gift untuk nasabah yang berisi buku produk & benefit, souvenir, kartu     prioritas dll.
Hadiah Ulang Tahun
Bentuk apresiasi mandiri prioritas atas perayaan pertambahan usia nasabah.        
Executive lounge
Berupa fasilitas ruang tunggu eksklusif yang disediakan di beberapa bandara keberangkatan baik domestik maupun internasional. Saat ini terdapat 33 executive lounge yang bekerjasama dengan mandiri prioritas.
Benefit executive lounge diberikan sesuai segmen sb
Nasabah dengan MANDIRI PRIORITAS GOLD CARD mendapatkan fasilitas untuk 1 (satu) pax
Nasabah dengan MANDIRI PRIORITAS PLATINUM CARD mendapatkan fasilitas untuk 2 (dua) pax
Nasabah dengan MANDIRI PRIORITAS PRIVATE CARD mendapatkan fasilitas untuk 4 (empat) pax   
Airport handling
Pelayanan ini meliputi:
Membantu membayarkan fiskal
Membantu membayarkan airport tax.
Membantu check-in tiket dan pengurusan bagasi
Saat ini terdapat 3 lokasi fasilitas airport handling yaitu Jakarta (internasional), Surabaya dan Denpasar (domestik).
Benefit airport handling diberikan sesuai segmen sbb.:
Nasabah dengan MANDIRI PRIORITAS GOLD CARD mendapatkan fasilitas untuk 1 (satu) pax
Nasabah dengan MANDIRI PRIORITAS PLATINUM CARD mendapatkan fasilitas untuk 2 (dua) pax
Nasabah dengan MANDIRI PRIORITAS PRIVATE CARD mendapatkan fasilitas untuk 4 (empat) pax  
Airport Baggage Wrapping
Nasabah juga mendapatkan benefit baggage wrapping berupa perlindungan terhadap koper (luggage)
Nasabah dengan mekanisme plastik pembungkus.

Benefit baggage wrapping diberikan sesuai segmen sbb.:
Nasabah dengan MANDIRI PRIORITAS PLATINUM CARD mendapatkan fasilitas untuk 1 (satu) pax
Nasabah dengan MANDIRI PRIORITAS PRIVATE CARD mendapatkan fasilitas untuk 2 (dua) pax      
Golf clinic & golf privilege card
Fasilitas kartu membership golf dikeluarkan pihak ketiga yang menjadi mitra kerjasama untuk memperoleh privilege khusus, antara lain berupa diskon di beberapa lapangan golf di dalam dan luar negeri.
Nasabah juga diberikan fasilitas berlangganan majalah golf sepanjang tahun.
Untuk beberapa fasilitas ini mandiri prioritas bekerja sama dengan Golfasia.     
Medical second opinion *
Adalah opini lisan atau tertulis dari dokter ahli di seluruh dunia tentang diagnosis penyakit dan perencanaan pengobatan bagi pasien berdasarkan data dan informasi yang tersedia.
Untuk fasilitas ini mandiri prioritas bekerja sama dengan Nucleus.      
Lifestyle concierge **
Ketika Nasabah ingin memadukan hobi dengan keinginan untuk mencapai kesempurnaan, mandiri prioritas menjadikannya nyata melalui Global Lifestyle Concierge Assistance.
Didukung fasilitas referral dan reservation assistance, Nasabah akan mendapatkan berbagai akses kemudahan dan layanan eksklusif kelas dunia. Untuk fasilitas ini mandiri prioritas bekerja sama dengan SOS International.
SMS market update
Fasilitas pengiriman SMS (Short Message Service) kepada nasabah prioritas antara lain berupa informasi nilai tukar valuta asing, indeks beberapa bursa di dunia dan kondisi perekonomian global dan nasional.
Benefit sms market update diberikan sesuai segmen sbb.:
Nasabah dengan MANDIRI PRIORITAS GOLD CARD mendapatkan fasilitas sms mingguan
Nasabah dengan MANDIRI PRIORITAS PLATINUM CARD mendapatkan fasilitas sms mingguan
Nasabah dengan MANDIRI PRIORITAS PRIVATE CARD mendapatkan fasilitas sms harian
Meeting room
Fasilitas berupa ruang pertemuan (meeting room) di outlet mandiri prioritas yang dapat digunakan oleh nasabah untuk melakukan meeting, bertemu rekan bisnis atau keperluan lainnya.
Nasabah dapat menghubungi personil outlet mandiri prioritas sebelumnya untuk menyampaikan rencana waktu penggunaan ruang meeting tersebut.    
Consolidated statement
Fasilitas berupa laporan perorangan yang memuat posisi saldo nasabah pada semua produk Dana Pihak Ketiga (Tabungan, Giro, Deposito) dan Asset Under Management (bancassurance, reksa dana, surat berharga) yang diberikan satu bulan sekali.       
Merchant discount
Discount khusus bagi pemegang kartu debit mandiri prioritas di merchant-merchant pilihan, seperti Rumah Sakit/Klinik, Hotel, Restoran/Kafe, Otomotif, Butik dll.
Event eksklusif
Beragam event menarik dan eksklusif digelar seperti konser musik klasik, pameran lukisan anak negeri, turnamen olah raga, travelling dll. Event-event tersebut merupakan bentuk program apresiasi sekaligus memenuhi gaya hidup Nasabah yang berkelas.    
Benefit pilihan
Nasabah dapat memilih salah satu dari benefit pilihan yang ada, antara lain kartu mandiri pra bayar, buku cek/BG, voucher merchant, majalah pilihan dll.     
Relationship Manager/Priority Banking Officer (dedicated)
mandiri prioritas menyediakan Priority Banking Officer yang khusus didedikasikan untuk melayani nasabah secara personal.

Keterangan :
* ) hanya untuk nasabah dengan kartu private
**) hanya untuk nasabah dengan MANDIRI PRIORITAS PLATINUM CARD DAN MANDIRI PRIORITAS PRIVATE CARD

Nama Kelompok :

Farhan Denigi
Feby Kartika Putri
Novan Arif Wilaksono
Randy Abdillah
Yuni Astuti
      Bank Mandiri berdiri pada tanggal 2 Oktober 1998 sebagai bagian dari program restrukturisasi perbankan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Indonesia. Pada bulan Juli 1999, empat bank milik Pemerintah yaitu, Bank Bumi Daya, Bank Dagang Negara, Bank Ekspor Impor Indonesia dan Bank Pembangunan Indonesia, bergabung menjadi Bank Mandiri. Sejarah keempat Bank tersebut dapat ditelusuri lebih dari 140 tahun yang lalu. Keempat Bank tersebut telah turut membentuk riwayat perkembangan dunia perbankan di Indonesia.
       Bank Dagang Negara merupakan salah satu Bank tertua di Indonesia. Sebelumnya Bank Dagang Negara dikenal sebagai Nederlandsch Indische Escompto Maatschappij yang didirikan di Batavia (Jakarta) pada tahun 1857. Pada tahun 1949 namanya berubah menjadi Escomptobank NV. Selanjutnya, pada tahun 1960 Escomptobank dinasionalisasi dan berubah nama menjadi Bank Dagang Negara, sebuah Bank pemerintah ynag membiayai sektor industri dan pertambangan.
Bank Bumi Daya didirikan melalui  suatu proses panjang yang bermula dari nasionalisasi sebuah perusahaan Belanda De Nationale Handelsbank NV, menjadi Bank Umum Negara pada tahun 1959. Pada tahun 1964, Chartered Bank (sebelumnya adalah Bank milik Inggris) juga dinasionalisasi, dan Bank Umum Negara diberi hak untuk melanjutkan operasi Bank tersebut. Pada tahun 1965, bank umum negara digabungkan  ke dalam Bank Negara Indonesia dan berganti nama menjadi Bank Negara Indonesia Unit IV beralih menjadi Bank Bumi Daya.
    Sejarah Bank Ekspor Impor Indonesia (Bank Exim) berawal dari perusahaan dagang Belanda N.V.Nederlansche Handels Maatschappij yang didirikan pada tahun 1842 dan mengembangkan kegiatannya di sektor perbankan pada tahun 1870. Pemerintah Indonesia menasionalisasi perusahaan ini pada tahun 1960, dan selanjutnya pada tahun 1965 perusahan ini digabung dengan Bank Negara Indonesia  menjadi Bank Negara Indonesia Unit II. Pada tahun 1968 Bank Negara Indonsia Unit II dipecah menjadi dua unit, salah satunya adalah Bank Negara Indonesia Unit II Divisi Expor – Impor, yang akhirnya menjadi BankExim, bank Pemerintah yang membiayai kegiatan ekspor dan impor.

     Bank Pembangunan Indonesia (Bapindo) berawal dari Bank Industri Negara (BIN), sebuah Bank Industri yang didirikan pada tahun1951. Misi Bank Industri Negara adalah mendukung  pengembangan sektor – sektor ekonomi tertentu, khususnya perkebunan, industri, dan pertambangan. Bapindo dibentuk sebagai bank milik negara pada tahun 1960 dan BIN kemudian digabung dengan Bank Bapindo. Pada tahun 1970, Bapindo ditugaskan untuk membantu pembangunan nasional melalui pembiayaan jangka menengah dan jangka panjang pada sektor manufaktur, transportasi dan pariwisata.
Kini, Bank Mandiri menjadi penerus suatu tradisi layanan jasa perbankan dan keuangan yang telah berpengalaman selama lebih dari 140 tahun. Masing-masing dari empat Bank bergabung memainkan peranan yang penting dalam pembangunan Ekonomi.
Visi dan Misi
Visi :
Bank terpercaya pilihan anda
Misi :
Berorientasi pada pemenuhan kebutuhan pasar
Mengembangkan sumber daya manusia professional
Memberi keuntungan yang maksimal bagi stakeholder
Melaksanakan manajemen terbuka
Peduli terhadap kepentingan masyarakat dan lingkungan

Nama Kelompok : 

Farhan Denigi
Feby Kartika Putri
Novan Arif Wilaksono
Randy Abdillah
Yuni Astuti

Followers

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!